Selasa, 02 Agustus 2011

Agar kuat berpuasa

Sekedar tips agar anda kuat berpuasa.

Ada yg salah dengan beberapa kebiasaan kita, pada saat bulan ramadhan, ibu2 belanja untuk persiapan makanan buka/sahur yang lebih mewah dari makanan sehari2. Toko2 penuh dan berkeranjang2 bahan makanan mengalir kerumah2, padahal Rasulullah mencontohkan, beliau makan dengan menu yang biasa di konsumsi sehari2. tidak menjadi mewah. Selain itu beberapa kesalahan yang akhirnya mengakibatkan masalah dengan puasa itu sendiri, kita jadi lemas, loyo dan tidak bersemangat !

1. Sahur lah mendekati imsyak,
2. Kunyahlah makanan dengan baik, jangan makan terburu-buru, makanan yang tidak hancur dengan baik akan merepotkan kerja alat pencernaan anda setelah mulut, dari mulai lambung, usus dst. dan menyebakan sebagian energi tubuh terserap pada proses penguraian makanan. 
pict1 : contoh kurma kering yang baik (bukan kurma manisan) 

3. Minimal anda harus mendapatkan asupan 2.5 liter air setiap hari yang anda bisa lakukan sejak berbuka sampai sahur, lakukan secara bertahap dan lebih baik minuman isotonik atau jus buah, jangan sekedar sirop ( karbohidrat sederhana ). Fruktosa (gula buah) termasuk yang paling cepat diserap oleh liver. ( anda akan lebih segar pada saat bertarawih . Minuman lain yang disarankan adalah air hangat di beri madu, selain menghilangkan haus, akan meningkatkan performa tubuh.

4. Bila saat sahur anda mengisi lambung dengan karbohidrat "buruk" ( turunan gula, terigu, beras ), justru gula darah akan meroket, kemudian insulin akan tergopoh2 mengejar. Insulin akan menekan gula darah dan menyimpan makanan jadi lemak, padahal saat itu tubuh anda perlu makanan.  Tak heran bila dibulan puasa justru berat badan naik, maag kambuh,  daya tahan ambruk, penyempitan pembuluh darah akibat insulin dipaksa naik terjadi. dan konon, gula ( karbohidrat sederhana ) menyebabkan penuaan dini. Apalagi bila anda pengemar mie instant, puasa selesai, lambung anda jebol !

5. Buah juga mengandung vitamin yang baik untuk tubuh. Usahakan untuk makan buah yang banyak vitamin C, misalnya jambu biji, Kiwi, Strawberrry, longan dll. Karena biasanya pada saat berpuasa, kita lebih rentan terhadap flu. Hati-hati terhadap kurma manisan, belilah kurma kering, bukan kurma manisan.

6. Jangan makan yang berminyak/gorengan, jangan makanan yang asin, manis atau gurih, ini akan mempercepat rasa haus anda. Olive oil untuk salad, itu makanan sehat, bukan seperti minyak goreng atau mentega biasa. Olive oil digunakan untuk Salad. (pastikan anda tahu minyak sehat dan buruk )

7. Jangan hentikan kebiasaaan anda berolah raga secara teratur, tapi gantilah waktunya. Untuk hasil terbaik lakukan latihan cardio (joging, bersepeda dll ) 20-15 menit sebelum berbuka, dan lakukan olahraga biasa (misalnya badminton, futsal atau angkat beban ) setelah sholat tarawih.  Tutup olah raga anda dengan makanan yang cukup, ( karbohidrat kompleks - yg paling baik nasi merah + sayur + protein )

8. Pada saat berpuasa, anda bisa menyiram kepala atau bahkan berendam bila udara sangat panas. (tapi ruang ber AC, menghisap keringat anda, dan anda lebih cepat dehidrasi )
9. Makan tidak berlebihan, berhenti sebelum kenyang.

10. Pada saat berbuka, makanlah dulu buah-buahan, sayuran ( terutama salad dari sayur organic ) baru makanan protein. buah dan sayuran dicerna lebih cepat dan menghasilkan energi lebih cepat dibandingkan makanan lainnya.

Ketika berpuasa gula darah kita menurun. Kurma,  sebagaimana dicontohkan Rasulullah, adalah karbohidrat kompleks, bukan gula (karbohidrat sederhana). Karbohidrat kompleks, untuk menjadi glikogen, perlu diproses sehingga makan waktu. Sebaliknya, kalau makan yang manis-manis, tapi dari gula ( atau manisan ) atau turunan lainnya,  kadar gula darahakan langsung melonjak naik, tidak sehat.

diambil dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar