Kamis, 25 Agustus 2011

Mari perbaiki cara memberikan ucapan Idul Fitri

Seiring dengan datangnya Idul Fitri (Bahasa Arab: عيد الفطر ‘Īdu l-Fiṭr) sering kita dengar ucapan selamat :
"Mohon Maaf Lahir dan Batin" Seolah-olah saat Idul Fitri hanya khusus dengan ucapan semacan itu, ini sungguh salah kaprah, sebab idul Fitri bukanlah waktu khusus untuk saling maaf memaafkan. memaafkan bisa kapan saja tidak terpaku dihari Idhul Fitri.

Selain itu tidak ada satu ayat Quran ataupun suatu Hadits yg menunjukkan keharusan mengucapkan "Mohon Maaf Lahir dan Batin" disaat Idhul Fitri.


Satu lagi, ucapan yang keliru saat idhul fitri, yakni ucapan :
"Minal 'Aidin wal Faizin" arti ucapan tersebut adalah "kita kembali dan meraih kemenangan"

Kita Mau Kembali Kemana ?
Apa pada ketaatan beragama atau ke maksiatan ?

Meraih kemenangan? Kemenangan apa? Apakah kita menang melawan bulan Ramadhan sehingga kita bisa kembali berbuat maksiat ?

Satu hal lagi yang mesti dipahami setiap kali ada ucapkan "Minal "Aidin wal Faizin" lantas diikuti dengan kalimat "Mohon Maaf Lahir dan Batin". Karean mungkin kita mengira artinya adalah kalimat selanjutnya. ini sungguh keliru. Sekali lagi makna kalimat "Minal 'Aidin wal Faizin" adalah "Kita kembali dan meraih kemenangan".

Dan sebagaimana diterangkan di atas, dari sisi makna kalimat ini keliru sehingga sudah sepantasnya kita hindari.  ucapan yang lebih baik dan dicontohkan langsung oleh para sahabat nabi, yaitu :

"Taqobbal Allahu minna wa minkum" ( Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian), jadi lebih baik ucapan sms atau bbm kita :

"Selamat Hari Raya Idhul Fitri : Taqobbal Allahu minna wa minkum" ( Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).

Semoga risalah ini bermanfaat dan bisa meluruskan kekeliruan yang selama ini terjadi.

terima kasih bila anda berkenan sharing informasi ini dengan tautan dibawah ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar