Kamis, 11 Agustus 2011

Menato tubuh sangat beresiko.


 
Anda seorang pemula ? yang ingin mencoba mentato tubuh anda ? selain haram hukumnya bagi umat Islam, Tato permanen akan ada selamanya dibagian tubuh yg anda lukis. Pilihan itu sepenuhnya hak pribadi, tapi apakah akan terjadi penyesalan dikemudian hari ? selain penyesalan karena kesalah pemilihan karakter, gambar atau tulisan, tatto juga memiliki beberapa resiko. 
Baru-baru Center of Disease Control and Prevention (CDC), menemukan 2 orang pria yang terinfeksi bakteri pada kulit tersebut dipicu oleh bakteri Mycobacterium haemophilium yang masih satu famili dengan bakteri penyebab tuberkulosis dan kusta. Gejala penyakitnya meliputi bengkak kecil di lokasi infeksi, kemerahan, nyeri, bengkak dan mengelupas, dan biasa ditemukan pada pasien auto imun. dan infeksi dari berbagai penyakit lain.

Tato berwarna, terutama warna merah, bisa menyebabkan reaksi berupa alergi pada kulit. Efeknya, kulit akan terasa gatal pada bagian tubuh yang ditato. Alergi ini tak hanya muncul sesaat, tetapi bisa berlangsung bertahun-tahun setelah Anda menato tubuh.

Benjolan pada kulit di sekitar area yang ditato, atau disebut granulomas, menjadi masalah lain yang ditimbulkan dari menato tubuh. Tato juga bisa mendorong pertumbuhan keloid atau jaringan kulit tambahan yang tumbuh di bekas luka.

Saat menato, pastikan alat yang digunakan steril dan higienis. Risiko yang bisa muncul saat menato tubuh adalah jarum terkontaminasi dengan darah yang terinfeksi penyakit, seperti hepatitis B, hepatitis C, tetanus, dan HIV.

Tato bisa menyebabkan bengkak atau kulit terbakar saat si pemilik tato menjalani pemeriksaan magnetic resonance imaging (MRI). MRI menggunakan medan magnetik kuat dengan teknologi terkomputerisasi untuk menghasilkan gambaran detail dari organ dan jaringan lunak dalam tubuh lainnya. Tato permanen pada tubuh bisa memengaruhi gambar hasil pemeriksaan MRI ini.

Walaupun ada informasi tato bisa dihilangkan dengan semacam bedah kosmetika, tapi harganya yang sangat mahal menyebabkan orang sering kesulitan untuk mendapatkan perawatan setelah mendapatkan berbagai masalah diatas, jadi masih mau ditato ? itu pilihan anda.

foto : shutterstock.
sumber : Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar