Rabu, 10 Agustus 2011

Ingin Lebaran dengan asyik, tanpa gangguan ? titipkan saja para Lansia ke panti jompo.

Keterlaluan sekali ya, Panti Wreda Dharma Bakti (PWDB) pajang, laweyan, Solo, sudah berulang kali mengindikasikan kenaikan tingkat hunian/titipan yang melonjak selama bulan ramadhan !  Pada bulan turunnya berkah ini warga berbondong2 menitipkan orang2 tua mereka yang sudah tidak mampu lagi kesana.  Kepala PWDB, bapak suryanto, sampai harus mengeluarkan pengumuman agar para anggotanya tidak menerima penitipan lansia musiman ini.   "Mereka mau dititipkan ke panti sehubungan akan pergi ke luar kota beberapa saat untuk merayakan lebaran," itu katanya, hari Rabu 10 agustus lalu pada Republika.



Setiap menjelang puasa hingga perayaan lebaran, banyak permintaan penitipan Lansia. Ada yang datang ke kantor, sebagian via telepon. "Pokoknya, tahun ini kami tidak mau menerima titipan lagi. Saya sampai capek menjawab permintaan seperti ini, " kata pak Suryanto. Biasanya keluarga yang berniat menitipkan orang tuanya ini sanggup membayar berapapun biaya yang disebutkan, asal panti mau menampung orang tua mereka.

Biasanya mereka menitipkan orang tua mereka dua-tiga minggu, bahkan ada yang sebulan lebih. Menurut pak Suryanto kemungkinan yang bersangkutan tidak mau direpotkan mengurus orang yang sudah jompo dan ingin merayakan lebaran dengan nyaman. Saat ini saja, tanpa menolak penitipan khusus lebara, PWDB sudah merawat 87 lansia padahal kapasitas ruangan hanya untuk 85 orang. Terpaksa ada dua ruang yang diisi dua orang. Harusnya satu kamar berisi satu orang.

Pakar Bimbingan Konseling, Sri Hartini, menyayangkan bila ada warga menitipkan orang lansia ke panti hanya alasan ingin menikmati lebaran secara leluasa. ''Ini ujud konkret degradasi moral, nilai pengabdian anak dalam mendarmabhaktikan diri kepada orang tua,'' kata dosen Universitas Slamet Riyadi (Unisri), Solo ini.

Sri Hartini mengaku prihatin, sendi-sendi kehidupan dan nilai dan kultur anak terhadap orang tua begitu rapuh. Mereka sudah saatnya membalas budi baik. Tapi, ketika orang tua tak berdaya malah dititipkan ke panti.

''Oke, hal ini sudah biasa dilakukan orang di Barat sana. Tapi, kita jangan terus meniru. Tidak mau direpotkan oleh kondisi orang tua yang sudah tak berdaya," sindirnya.

Jadi apakah anda memang masih berniat menitipkan orang tua anda ke panti jompo ? atau menjadi "pembantu"  untuk menjaga cucu dan bersih2 rumah..

Bila memang terpaksa sekali dengan alasan apapun anda menitipkan orang tua yang sudah berkorban, melahirkan, membesarkan anda, pastikan anda melakukannya dengan penuh cinta. Biarkanlah orang tua anda yang memilih tempatnya sendiri, dan anda pastikan tempatnya adalah tempat yang terbaik yang anda mampu berikan. Jenguklah secara rutin, hiburlah dia dengan kedatangan anda dan cucunya. Pastikan dia bahagia di tempat barunya.

karena
Ridho Allah SWT tergantung ridho orang tua...
Allah SWT akan murka apabila orang tua murka...
Ya Rabb....semoga aku bukan termasuk orang-orang yang melupakan jasa orang tua...Amin...Amin...Amin...Yaa Robbal Alamin....

sumber : Republika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar