Jumat, 22 Juli 2011

Kepiting cangkang lunak, Kepiting Soka

Duh, kalo yg hobby makan kepiting pasti dah kebayangkan nikmatnya daging kepiting yang gurih dan nikmat itu, apalagi kalau dimasak dengan menu kesayangan kita, mau rica-rica atau asam manis terserah anda. Dan seperti yang biasa kita lakukan, perjuangan untuk mengorek2 daging dari cangkang yang keras adalah bagian dari kenikmatannya.  eh tapi ternyata ada juga menu kepiting tulang lunak alias kepiting Soka. apa pernah sempat bertanya-tanya apa ini kepiting species baru kok cangkangnya bisa dimakan ?


Kepiting menggunakan capit sebagai senjata dan cangkang yang keras sebagai tamengnya untuk melindungi diri mereka dari predator alami. Kepiting soka adalah kepiting bakau biasa yang ketika dibeli dari nelayan penangkap, mereka akan di "rekayasa" dulu di suatu tempat.  Di tempat baru itu mereka akan di siksa dengan diguntingi ke 6 kakinya dan disisakan capit serta sirip paling belakang, kemudian di karantina didalam kotak2 penjara yang menampung satu ekor per satu sel. Kepiting yang mengalami mutliasi itu akhirnya akan berusaha menumbuhkan kakinya yang ke 6 dengan menggunakan cadangan kalsium cangkangnya. Disimpan di kotak2 khusus atau kotak baterei itu karena pada saat cangkang menjadi lunak, kepiting itu sangat rentan diserang oleh musuh alami bahkan oleh rekannya sendiri.
Rasulullah mengajarkan kita untuk memakan hewan dengan tidak menyiksanya terlebih dahulu, jadi setelah anda tahu tentang info ini, silahkan jauhi kepiting soka dan pesan kepiting biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar