Minggu, 04 September 2011

Tips Jitu Menghemat Air

PENGGUNAAN air yang berlebihan bisa menyebabkan rekening air membengkak dan sumber air terancam. Padahal, sejumlah kebiasaan kecil yang Anda lakukan bisa menciptakan perubahan besar.

Berikut ini adalah sejumlah langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghemat penggunaan air di rumah:

1. Ketika mencuci piring, buang sisa kotoran terlebih dahulu. Selanjutnya jangan meninggalkan keran dalam keadaan terbuka. Sebaiknya, isi wastafel dan gosok piring dengan sabun, lalu buka keran hanya ketika akan membilas.

2. Jangan menyalakan mesin cuci sebelum isinya benar-benar penuh. Pastikan anda memiliki mesin cuci hemat air.

3. Ganti showerhead Anda dengan model terbaru yang lebih efisien. Sebagai perbandingan, showerhead model lama (sebelum 1992) mengonsumsi hingga lima galon air permenit, sedangkan model terbaru yang efisien menggunakan sekitar dua setengah galon air permenit.

4. Hal yang sama berlaku untuk toilet. Model toilet sebelum 1994 menggunakan hingga delapan galon air untuk sekali guyur, sedangkan model yang baru menggunakan kurang dari dua galon air.

5. Uji meteran air Anda. Matikan semua air di rumah dan lihat meteran Anda. Meteran seharusnya tidak berputar. Jika terjadi sebaliknya, barangkali ada kebocoran air di pipa. Periksa pula tagihan air Anda untuk memastikan tidak ada lonjakan besar dalam penggunaan.

6. Tampung air hujan dan tutupi wadahnya agar tidak kemasukan debu dan kotoran. Gunakan air hujan itu untuk menyiram tanaman. Buatlah sumur resapan di rumah anda, setiap hujan, air hujan yang berlebihan akan dialirkan dulu ke dalam sumur resapan sebelum akhirnya dibuang ke selokan.

7. Tutup keran air ketika sedang menyikat gigi.

8. Pastikan keran2 dirumah anda dalam keadaan baik, tidak bocor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar